25 Maret 2022
Kiat Menulis Karya Inovasi Pembelajaran
Umi Rosidah, M.Pd.I
Di awal pertemuan ibu Umi Rosida menyampaikan pesan dari bapak Anis Baswedan mantan Menteri Pendidikan bahwa " Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat". Maknanya guru akan mulia karena karyanya. Hal ini disampaikan pada peringatan hari guru. Dari kata-kata inilah yang selalu memotivasi ibu Umi untuk terus berkarya. Beliau banyak menghasilkan inovasi pembelajaran, bahkan selalu menargetkan setiap tahun harus membuat minimal satu inovasi.
Ibu Umi adalah tokoh inspiratif yang memiliki sejumlah prestasi antara lain:
1. Wisudawan terbaik program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Kediri dengan predikat Cumlaude tahun 2013.
2. Penulis teks terbaik ke-2 Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Islam Kediri tahun 2013.
3. Juara Harapan 3 Guru PAI Berprestasi Tingkat Jawa Timur tahun 2014
4. Juara 3 Guru PAI Berprestasi Tingkat Jawa Timur 2015
5. Finalis Lomba Inobel Tingkat Nasional 2015 dan 2016
6. Juara 1 Lomba Inobel Tingkat Nasional 2017
7. Finalis Lomba Membatik Pustekom Kemdikbub 2017
8. Short Course Jepang 2018
9. Peserta Program Visiting Guru PAI Kreatif ke Wilayah Perbatasan 2018
10. Pemrasaran pada Kegiatan Seminar Nasional Kesharlindung Dikdas tahun 2018 dan 2019
11. Juara 2 Lomba Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Kediri 2019
12. Penerima Penghargaan Apresiasi Guru Inspiratif Tingkat Nasional tahun 2020
13. Juara 1 Lomba Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Kediri 2021
14. Penulis 16 buku
15. Trainer VCT. Trainer Microsoft 365 level 200, dan Google Master Trainer
16. Conten Creator
17. Agen Penguatan Karakter Puspeka Kemdikbud Ristek
18. Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 4 Kemdikbud Ristek
Pengertian Inovasi menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia adalah penemuan hal-hal baru/pembaharuan yang berbeda
dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya meliputi gagasan, metode,
atau alat.
Karya Inovatif pada Kegiatan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan meliputi:
1.Menemukan teknologi tepat guna.
2. Menemukan/menciptakan karya
seni.
3. Membuat/memodifikasi alat
pelajaran/peraga/praktikum.
4. Mengikuti
pengembangan/penyususnan standar, pedoman, soal dan sejenisnya.
Pengertian Lomba Inovasi
Pembelajaran: ajang kompetensi bagi guru dalam mengembangkan karya inovatif yang
dapat memecahkan masalah pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling
untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik.
INSTRUMEN REVIEW
KARYA INOVATIF PEBELAJARAN
No. |
Aspek |
Indikator |
Kualifikasi |
Catatan Perbaikan |
||||
A |
B |
C |
D |
E |
||||
1. |
Asli/orisinalitas |
a.gagasan |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Data/dokumen |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Proses |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Hasil |
|
|
|
|
|
|
2. |
Spesifik |
a.Permasalahan jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Data terukur |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Metode yang digunakan |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kesimpulan |
|
|
|
|
|
|
3. |
Unik |
a.Memiliki perbedaan yang khas dari yang sudah ada |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Belum dikenal umum/luas |
|
|
|
|
|
|
4. |
Inovatif |
a.Memenuhi kriteria sebuah pengembangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Berbeda dengan yang telah ada |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Memiliki solusi yang lebih baik |
|
|
|
|
|
|
5. |
Sistematis |
a.Memiliki tahapan yang jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menggunakan metode tertentu |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Menggunakan standar umum |
|
|
|
|
|
|
6. |
Aplikatif |
a.Mudah diterapkan |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Mudah dilakukan |
|
|
|
|
|
|
7. |
Inspiratif |
a.Memberikan pengaruh |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Memunculkan gagasan baru |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Memotivasi untuk berprestasi |
|
|
|
|
|
|
8. |
Bermakna |
a.Memiliki nilai tambah |
|
|
|
|
|
|
Cara mengikuti lomba inobel:
1.Buat inovasi pembelajaran:
Langkah kesatu: dapat berupa metode
atau media.
Memilih judul yang tepat, efektif
dan berkualitas:
a.
Hindari membuat akronim yang tidak memiliki
arti.
b.
Judul menunjukkan sesuatu yang inovatif dan
unik.
c.
Judul tidak lebih dari 20 kata.
Contoh judul: Peningkatan pemahaman Tajwid melalui
pengembangan Media Mad Cetar.
2. Ikuti gaya Selingkung Kemendikbud
Langkah kedua: Menyusun Karya
Tulis Ilmiah hasil penelitian inovatif
sesuai dengan gaya selingkung lomba.
Contoh susunan Karya Tulis
Ilmiah:
SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN NASKAH
(Format terlampir)
LEMBAR PENGESAHAN
BIODATA PESERTA
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
E. Dampak
BAB II LANDASAN TEORI
Konsep/ teori yang melandasi
karya inovasi pembelajaran.
BAB III KARYA INOVASI
PEMBELAJARAN
A.Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi
Pembelajaran
C. Proses Penemuan Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam
Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Praktis
Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Data Hasil Aplikasi
Praktis Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi
BAB IV PENUTUP
A.Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Ide dasar penyusunan Media
Inovatif harus jelas.
Menunjukkan rancangan karya
inovatif.
Menunjukkan proses pembuatan
karya inovatifnya.
Menunjukkan aplikasi praktis
penggunaan karya inovatifnya.
Telah didesiminasikan minimal
tingkat sekolah dan lebih baik jika dapat didesiminasikan di tingkat kabupaten
(MGMP).
3. Hindari plagiarisme (uji
Similiarity dan Sitasi)
Langkah ketiga: No plagiarisme.
Klasifikasi plagiarisme: 1).
Ringan : < 30% , 2). Sedang : 30% - 70% , 3). Berat : > 70%
Pola plagiarisme: 1) Plagiarisme
kata demi kata. 2) Plagiarisme mosaik
Jenis Plagiarisme berdasarkan
tipenya: Plagiarisme ide, isi (data penelitian), kata, kalimat, paragraf,
plagiarisme total dan autoplagiat.
Jenis plagiarisme berdasarkan
sifatnya:
a.Plagiarisme yang disengaja.
b. Plagiarisme yang tidak disengaja.
Pencegahan plagiarisme:
a.Hasil karya orang lain yang
dirangkum ditulis dengan bahasa sendiri (paraphrase).
b. Memberi tanda kutip untuk
semua sitasi yang mengambil kata demi kata hasil karya orang lain.
c. Makalah yang sudah pernah
diajukan harus diberi keterangan bahwa sudah dipublikasikan.
d. Plagiarisme struktur sumber.
e. Plagiarisme ide/gagasan.
f. Plagiarisme authorship,
pembubuhan nama sendiri secara langsung pada hasil karya orang lain.
Aplikasi anti plagiarisme:
Turnitin, Plagscan, PaperRater, Dupli Checker Copyleaks dan lain sebagainya.
Cara menghindari plagiarisme
adalah dengan mengutip secara tidak langsung: membuat parafrase, meringkas dan
menyusun kesimpulan.
Cara parafrase mengutip dengan
menggunakan kata-kata sendiri.
4. Siapkan Display dan Presentasi
Langkah keempat:
Buat Display dan Presentasi
seefektif mungkin.
Komponen Pameran: Laptop/Gadget,
Spanduk, Banner, Flyer, Brosur, LCD Projector, Laporan.
Aspek yang dinilai saat pameran:
1. a. Orisinalitas
Karya.
2. b. Relevansi
dan kesesuaian dengan masalah pembelajaran dan kebutuhan.
3. c. Tingkat
Ilmiah.
4. d. Konsistensi.
5. e. Tata
letak (layout).
Persiapan dalam mengomunikasikan
karya Inovasi Pembelajaran:
1. a. Latar
Belakang munculnya ide.
2. b. Originalitas
karya, kaitan dengan produk sebelumnya.
3. c. Manfaat
karya inovasi.
4. d. Kemampuan/skill
komunikasi
5. e. Sistematika
Ciri Slide yang baik:
1. 1. Satu
Slide, satu pesan.
2. 2. Sederhana
3. 3.Perkuat
penjelasannya.
4. 4. Kuat
secara visual.
5. 5. Teks
ringkas.
6. 6. Hindari
Bullet Point.
7. 7. Alur
yang teratur.
Di akhir pertemuan Ibu Umi
memotivasi para guru untuk selalu berinovasi untuk meningkatkan mutu
pendidikan. Sebagaimana dirinya yang selalu berkarya setiap tahun menghasilkan
minimal satu karya inovasi pembelajaran. Pesannya ,"kita harus punya target waktu
untuk menyelesaikan setiap inovasi".
#kelasinovasi
#pgri
#materitgl.25maret2022
Komentar
Posting Komentar